Jumat, 20 Juli 2012

[Media_Nusantara] Tanggapan @TrioMacan2000 Terkait Vakum Sementara Dahlan Iskan Dari Twitter

 

Tanggapan @TrioMacan2000 Terkait Vakum Sementara Dahlan Iskan Dari Twitter

Media2 online hari ini banyak muat tentang "pamitnya" Dahlan Iskan dari aktivitas twitter. Biasanya beliau memang selalu aktif di twitland. Alasan resmi "pamit sementara" tsb karna menyambut bulan suci ramadhan. Namun, berbagai media menduga karna akibat bully dari TM2000. 

Sebagai admin TM2000, saya kurang sependapat dgn dugaan media2 tsb karena bukan untuk yg pertama kali saya mengajukan kritik pada Dahlan Iskan. Banyak kritik, pertanyaan dan informasi yg sebelumnya pernah saya sampaikan kepada MenBUMN Dahlan Iskan. Dari beberapa kritik dan pertanyaan serius yg saya sampaikan ke Dahlan Iskan, sedikitnya sudah 3 kali beliau berikan jawaban/klarifikasi.

Pertama : Terkait dgn pertanyaan saya mengenai dasar pertimbangan Dahlan Iskan angkat Megananda Daryono sebagai Dirut Holding BUMN Perkebunan. Penunjukan Meganada Daryono sebagai Dirut PTPN III (Holding BUMN Perkebunan) itu sangat kontroversial dan dikecam publik. Alasannya : Megananda Daryono (MD) itu diragukan integritasnya, banyak isu suap dan korupsi, usia sudah tua dan MD dikenal sebagai binaan Golkar.

Atas pertanyaan2 terkait dasar Dahlan Iskan angkat Megananda itu, Dahlan menjawab : Megananda itu bagus, dia pernah 11 kali tolak Nazar. Jawaban Dahlan Iskan tsb sangat absurd, terkesan sembarangan alias asal2an, itu menunjukan Dahlan Iskan memang telah lakukan kesalahan. Meski demikian, saya apresiasi kesedian Dahlan Iskan berikan jawaban atas pertanyaan2 saya yg sebenarnya juga adalah pertanyaan publik.

Kedua : Dahlan Iskan juga jawab pertanyaan & isu yg saya lontarkan di twitland mengenai keharusan RI memiliki PLTN untuk atasi krisis energi. Dalam jawabannya, Dahlan Iskan mengatakan bahwa bangsa Indonesia sebenarnya sudah punya kemampuan untuk bangun dan kelola PLTN.

Ketiga : Dahlan Iskan juga menjawab tudingan TM2000 yg juluki DIS sebagai Raja Kaspo atau penipu. Ini terkait dgn janji2 DIS sendiri.

Saya TM2000  menyampaikan kembali sejumlah catatan tentang janji2 Dahlan Iskan yg umum bombamtis tapi tak ada yg terwujud.

Contoh pertama : Yg paling nyata tentang janji Dahlan Iskan untuk selesaikan kemacetan/antri parah di Merak HANYA DALAM 1 BULAN pada Desember 2011 yang lalu. Tapi, nyatanya setelah 7 bulan jadi Menteri BUMN, antri dan kemacetan parah di Merak tak jua kunjung dituntaskan oleh Dahlan Iskan.

Contoh kedua : MenBUMN Dahlan Iskan sesumbar akan bisa laksanakan IPO 8 BUMN pada tahun 2012. Padahal SBY hanya minta 3 IPO BUMN saja. Janji itu diucapkan Dahlan Iskan di depan Presiden SBY dan komunitas Pasar Modal pada 2 Jan 2012 yang lalu. Investor pun sempat bergairah. Tapi, belakangan Dahlan Iskan mulai cari2 alasan utk ingkar janji. Sampai saat ini DIS hany baru ajukan 1 IPO BUMN ke DPR.

Contoh ketiga : Dahlan Iskan janji dan sesumbar bubarkan Petral anak perusahaan Pertamina yg dituding korupsi puluhan triliun per tahun. Ternyata, kemudian Petral tidak jadi bubar. MenBUMN malah habis2an disikat mafia minyak dan menyerah kalah. Sampai akhirnya SBY turun tangan.

Banyak sekali contoh janji2 manis Dahlan Iskan kepada publik yg ternyata hanya angin surga belaka, hanya untuk konsumsi media dan pencitraan. Apalagi janji Dahlan Iskan yg sesumbar bilang Pertamina akan kalahkan Petronas hanya dalam waktu 2 tahun. Ini bullshit!!

Ketika sejumlah janji Dahlan Iskan itu saya pertanyakan ditwitland, beliau ngeles dan jawab : bedakan antara program, rencana dan harapan.

Saya sudah kenal Dahlan Iskan ini cukup lama. Tahu tentang sifat dan karakternya. Apalagi saya banyak teman yg juga teman Dahlan Iskan. Dahlan Iskan sering ucapkan bahwa Pencitraan itu sangat penting. Dan sekarang dia mainkan pencitraan. Sah2 saja, asal jangan tipu rakyat. Dosa Besar!!

Saya/kami TM2000 juga sering tanyakan tentang hal2 yg bersifat pribadi kepada Dahlan Iskan. Tujuan saya agar beliau berlaku jujur. Itu saja. Namun, pertanyaan bersifat pribadi pada Dahlan Iskan itu sering disalah artikan oleh sebagian teman2 sosmed sebagai hal yg kurang elok/tidak etis.

Bagi saya pertanyaan bersifat pribadi untuk mendorong pejabat publik berperilaku jujur adalah sangat penting karna itu terkait INTEGRITAS pejabat.

Prasyarat utama bagi seorang Pejabat Publik atau Pemimpin adalah : INTEGRITAS. Setelah itu baru Kapabilitas. Publik harus tahu.

Sampai saat ini saya dan juga mungkin publik belum melihat integritas Dahlan Iskan apalagi perilaku jujurnya. Dahlan Iskan semakin kelu lidahnya ketika saya tanyakan janji Dahlan Iskan yg dengan tegas bilang : Saya TIDAK akan punya Staf Khusus. Nyatanya, sampai detik ini, sebagai MenBUMN Dahlan Iskan TETAP punya staf khusus termasuk Abdul Azis yg titipan Chairul Tanjung itu.

Jadi, maafkan saya, jika berkesimpulan bahwa Dahlan Iskan ini hanya pejabat yg hobi obral janji. Kasihan rakyat yg telah ditipu & diperdaya. Ada belasan janji Dahlan Iskan yg terus saya kritisi. Termasuk keluhan Menteri Pertanian yg sampai frustasi menunggu realisasi janji Dahlan Iskan.

Dahlan Iskan terlanjur janji pada Mentan Suswono bahwa BUMN2 akan siapkan 100.000 ha lahan sawah baru. Nyatanya hanya 3.000 ha yg mampu. Akibatnya program ketahanan pangan yg dicanangkan pemrintah dipastikan gagal total. Mentan jadi kambing hitam dan sasaran kemarahan SBY.

Kritik TM2000 terakhir pada Dahlan Iskan adalah urgensi & efektifitas kampanye getol DIS untuk mobil listrik. Sekilas kelihatan bagus. Namun, kampanye mobil listrik oleh Dahlan Iskan yg setiap saat diliput dan diberitakan media terutama JPNN & Detik Grup hanya untuk pencitraan. Tidak ada 1 BUMN pun yg bergerak di bisnis otomotif apalagi mobil listrik.

Dimana korelasi dgn tugas dan tanggung jawab Dahlan Iskan sebagai MenBUMN?

Promosi gencar setiap saat Mobil Listrik oleh Dahlan Iskan ini seolah2 beliau tidak punya kerjaan lagi dan banyak tersedia waktu luang.

Kalau TM200 selalu kritis dan cerewet harap dimaafkan dan dimaklumi. Karena ini bukan akun pribadi tapi akun khusus untuk pencerahan.

Ketika menyaksikan rangkaian penipuan publik yg dilakukan Dahlan Iskan, saya semula tetap menahan diri untuk tunggu sampai 1 tahun. Namun, perilaku kaspo, bohong dan pencitraan palsu Dahlan Iskan kok semakin menjadi2 dan mulai membahayakan pemerintahan SBY dan rakyat.

Media massa termasuk TV dan media online, sulit diharapkan mau membuka kebusukan dan perilaku negatif dari seorang Dahlan Iskan. Dahlan iskan adalah Raja Media Indonesia (185 koran, 54 TV dst), punya pengaruh sangat kuat di industri pers, ribuan wartawan dst..dst

Tertangkap ada keengganan media massa utk mau bongkar kebohongan2 Dahlan Iskan. Apalagi praktek kolusi dan korupsinya. Sungkan.

Salam Kritis

Diserang @triomacan2000, Dahlan Pamitan 

foto

TEMPO.CO, Jakarta - Dua pekan terakhir, Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mendapat serangan akun pseudonim @TrioMacan2000. Pemilik akun yang menulis profil dengan nama Ade Ayu selama ini dikenal tweeps sebagai sosok yang menulis polah pejabat dan kasus-kasus yang menjeratnya.

@TrioMacan2000 menulis secara berseri polah dan janji Dahlan sebagai Menteri BUMN. Tercatat ada tiga kultwit (kuliah twit) tentang bekas bos Perusahaan Listrik Negara itu. Seri pertama menceritakan sejarah Dahlan semasa jadi bos perusaan setrum dan beralih ke jajaran kabinet Indonesia Bersatu jilid dua.

Lalu dilanjutkan dengan janji dan fakta pria yang pernah transplantasi hati itu semasa jadi menteri. Seri ketiga adalah kasus bocornya rapat Istana di dunia maya. @Triomacan2000 pun mengaku sempat "diculik" pihak Istana karena kebocoran rapat yang mengungkap seteru Dahlan dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik.

Dan terakhir, @triomacan2000 menulis tentang status pembangkit listrik yang dimiliki Dahlan. Menghadapi segala tuduhan itu, pada 10 Juli 2012, melalui akun @iskan_dahlan, ia menulis : "sing waras ngalah"

Ayah dua putra itu tak menulis bantahan atau membuat seri kultwit tentang segala tuduhan @trioMacan2000. Pria kelahiran Magetan ini menulis : "Org memang msh sulit bedakan janji, program, hrapan, imbauan dst. Hidup itu begitu indah!" Hanya dua hari, ia merespon kicauan kuliah akun pseudonim dengan 112 ribu follower itu.

Lalu kemarin, Dahlan pun berseloroh tentang tudingan sosoknya. Dahlan menulis : "Anda betul. Lebih tepatnya sy itu gabungan keduanya hehe @TrioMacan2000. @iskan_dahlan beda tipis antara org dzolim & org munafik :)"

Sekitar pukul 19.00 WIB pada Kamis, 19 Juli 2012, ia pun berpamitan dari aktivitas si burung biru. Pemilik akun dengan 174 ribu follower itu menulis : Selamat berpuasa (bsk/lusa). Mulai bsk sy matikan twitter sy selama bulan puasa. Mhn pamit semuanya!. Dahlan mengaku akan menghabiskan Ramadan dan Lebaran di Mekah.

http://www.tempo.co/read/news/2012/07/20/219418158

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar